Berita Utama

Kreativitas Siswa Menulis Cerita Fantasi Melalui Fisi

0 0

Oleh: Veronika Hartanti, S.Pd.

Pembelajaran menulis teks cerita fantasi merupakan  salah satu kompetensi dasar pelajaran bahasa Indonesia di kelas 7 SMP. Cerita fantasi adalah cerita fiksi berjenis fantasi ( dunia imaginatif yang diciptakan penulis). Menurut Nurgiyantoro, (2013:113) cerita fantasi adalah cerita yang menampilkan tokoh, alur, atau tema yang derajat kebenarannya diragukan, baik menyangkut (hampir) seluruh maupun hanya sebagian cerita. Teks cerita fantasi merupakan cerita fiksi yang menghadirkan dunia khayal atau imajinatif yang diciptakan oleh pengarang. Menurut  Harsiati,  dkk  (2016:44)  berpendapat  bahwa  cerita  fantasi memiliki genre cerita imjinatif karena cerita fantasi diciptakan dari imajinasi penulis. Pada cerita imajinasi hal yang tidak mungkin bisa dijadikan hal yang biasa. Tokoh dan latar diciptakan sesuai imajinasi dari penulis.

Menulis cerita fantasi sangat penting untuk meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan imajinasi siswa. Setiap siswa memiliki tingkat imajinasi khayalan yang menarik dan siswa diharapkan mampu mengembangkannya dalam bentuk tulisan teks cerita fantasi.

Kenyataannya  dalam pembelajaran, siswa di SMP N 2 Salatiga mengalami kesulitan dalam menulis teks cerita fantasi, seperti kurangnya minat baca siswa sehingga siswa sulit untuk menuangkan ide atau gagasan dan  kesulitan untuk merangkai kata serta kalimat ketika diminta memproduksi sebuah teks cerita. Sehingga beberapa siswa beranggapan bahwa menulis cerita fantasi itu suatu kegiatan yang sulit.

Keterampilan menulis cerita fantasi bukanlah sesuatu yang dapat diajarkan melalui  uraian dan penjelasan semata- mata. Siswa tidak dapat memperoleh keterampilan menulis hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru atau sekadar membaca penjelasan dari buku. Dalam  keterampilan  menulis  cerita  fantasi  dibutuhkan daya imaginatif dan kreativitas sehingga yang ditulis mempunyai arti yang jelas atau mencapai tujuan yang diinginkan  dan kesan tersendiri bagi pembacanya.

Salah  satu  media  yang  dapat  digunakan  pada  pembelajaran keterampilan menulis teks cerita fantasi  yaitu  melalui Fisi (film animasi). Fisi merupakan media  yang tergolong dalam kategori  media audiovisual. Media Fisi digunakan karena lebih efisien dan juga membuat hasil belajar lebih bermakna bagi kemampuan siswa, terutama dalam pembelajaran menulis  teks  cerita  fantasi.  Siswa  dimudahkan  dalam  menulis  teks cerita fantasi dengan adanya Fisi.

Dengan Fisi diharapkan siswa mampu  menemukan informasi  yang didapat dari pemutaran film  animasi tersebut.  Di samping itu, kebanyakan siswa sangat menyukai film – film animasi sehingga akan tercipta suatu pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Penerapan menulis teks fantasi melalui media Fisi terbagi dalam tiga tahapan, yaitu tahap pramenulis, tahap menulis, dan tahap pasca menulis. Pada tahap pramenulis siswa mengawali pembelajaran dengan melihat film animasi yang diputar oleh guru. Kemudian siswa melakukan aktivitas pencarian ide dari tayangan film animasi dan siswa membuat catatan kecil tentang hal – hal penting dari film animasi yang diputar. Dari catatan kecil itu kemudian dijadikan kerangka alur. Pada  tahap  menulis  siswa  melakukan  kegiatan  menulis  teks cerita imajinasi dari kerangka alur yang sudah dibuat. Setelah proses menulis selesai,  siswa dan guru bersama –  sama melakukan proses penyuntingan mengenai  isi,  struktur  dan  unsur  –  unsur  teks.  Selanjutnya  pada  tahap pascamenulis siswa menyajikan karya yang sudah dibuatnya. Penyajian itu dilakukan siswa dengan membacakan hasil karyanya di depan kelas

Melalui kegiatan pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan Fisi dapat meningkatkan kreativitas siswa menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi.

Guru Bahasa Indonesia SMP N 2 Salatiga

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *