Berita Utama

Prakasita Classroom Jadi Solusi SMP di Salatiga Gelar Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

0 0

diposting pertama kali oleh Semarangpos.com

SALATIGA — Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi solusi bagi peserta didik untuk mendapatkan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Kondisi ini pun membuat sekolah mulai membuat berbagai inovasi guna memenuhi kebutuhan siswa. Salah satunya SMP Negeri 2 Salatiga yang membuat aplikasi Prakasita Classroom.

Kepala SMP Negeri 2 Salatiga, Mudjiati, mengatakan aplikasi Prakasita Classroom dibuat dengan operasional yang mudah.

“Inti pemikiran pembuatan Prakasinta Classroom ini adalah agar murid yang berusia 13-15 tahun bisa mengoperasikan karena aplikasi ini mudah,” jelas Mudjiati saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Rabu (15/7/2020).

Mudjiati mengatakan konsekuensi dari pembuatan aplikasi tersebut, maka seluruh penanganan menjadi kewenangan SMPN 2 Salatiga.

“Misal kalau ada siswa lupa password dan akun, bisa langsung bertanya ke sekolah,” jelasnya.

Selain itu, Prakasita Classroom direncanakan terhubung langsung ke Android milik orang tua.

Percontohan

Mudjiati menambahkan Prakasita Classroom sebenarnya bukan aplikasi baru. Aplikasi ini merupakan turunan dari Classroom yang dimodifikasi sesuai kebutuhan sekolah.

“Jadi tidak hanya memberikan pembelajaran. Aplikasi ini juga bisa memberikan konseling. Pada aplikasi ini, guru juga bisa melakukan presentasi, diskusi, dan lain-lain,” imbuh Mudjiati.

Dia mengatakan, keunggulan Prakasita Classroom adalah mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran. “Evaluasi kemarin adalah siswa hanya dibebani tugas, namun sekarang segala proses belajar di kelas diaplikasikan secara virtual, tanpa perlu tatap muka untuk menekan Covid-19,” kata Mudjiati.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyampaikan Prakasita Classroom bisa menjadi percontohan bagi sekolah lain. “Ini model baru yang bisa menunjang pembelajaran jarak jauh. Inovasi yang baik ini harus dikembangkan agar siswa tetap mendapat hak pendidikan,” ungkapnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
50 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
50 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *