43 Peserta Didik SMP Negeri 2 Salatiga Ikuti Pertemuan Konselor Sebaya dari Puskesmas Sidorejo Lor

0 0

Konselor sebaya merupakan orang yang melayani konseling dari teman sebaya (hampir sama atau sama umurnya). Aktivitas yang dilakukan oleh seorang konselor sebaya yakni konseling teman sebaya. Konseling teman sebaya diartikan sebagai sebuah variasi layanan konseling untuk membantu orang lain yang dilakukan oleh non-profesional (teman sebaya). Konseling teman sebaya dibutuhkan karena kebanyakan remaja menceritakan permasalahannya pada temannya ketimbang pada orang tua, guru, atau pembimbing. Remaja akan lebih jujur dalam menceritakan permasalahannya pada teman sebayanya. Oleh karena itu, konseling teman sebaya merupakan suatu hal yang penting.

9 November 2021, 43 Peserta Didik SMP Negeri 2 Salatiga ikuti pertemuan konselor sebaya dari Puskesmas Sidorejo Lor. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo SMP Negeri 2 Salatiga dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. dr. Purwaningrum, Kepala UPTD Puskesmas Sidorejo Lor, menuturkan bahwa pertemuan konselor sebaya ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait kesehatan remaja kepada konselor sebaya. Hal itu dilakukan karena diusia remaja biasanya lebih suka curahan hati (curhat) kepada teman-temannya (teman sebaya) dibandingkan curhat kepada orang tua ataupun pendidik. Sayangnya, seringkali teman sebaya belum memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan remaja sehingga justru dapat memberikan informasi yang tidak benar dan tidak tepat. Oleh karena itu kami melakukan pertemuan konselor sebaya.

“Semoga dengan adanya pertemuan konselor sebaya dapat menambah pengetahuan tentang konselor sebaya dan kesehatan reproduksi,” ucap Mudjiati, M.Pd., Kepala SMP Negeri 2 Salatiga.

Sambutan Kepala SMP Negeri 2 Salatiga, Mudjiati, M.Pd.
Penjelasan Materi Kesehatan Reproduksi oleh dr. Teuku Muhammad Agra S.
Penjelasan Materi Konselor Remaja oleh Sri Wahyuni

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.